Community Mobile Harm Reduction Management

Kasus HIV AIDS di Kota Bandung mulai ditemukan pada tahun 1991 dan terus meningkat hingga sekarang. Meningkatnya penularan kasus HIV AIDS saat ini berasal dari perilaku seksual berisiko sebanyak 81,8%, dan 12% dari penggunaan alat suntik narkoba1,2. Secara kumulatif (prevalens), di kota Bandung kasus tertinggi saat ini ada pada pengguna narkoba suntik. Tercatat dari laporan dinas kesehatan kota Bandung dari tahun 1991 sampai dengan Desember 2017 ada sebanyak 1769 PWID atau 40,29% dari total kasus HIV AIDS sebanyak 4391 kasus. Strategi outreach dengan berbagai kegiatan KIE masih menjadi andalan untuk teman-teman LSM. Sepanjang tahun 2017 ada sebanyak 765 PWID yang dijangkau oleh LSM, 792 IDUs yang mengikuti tes HIV dan ada 14 orang yang HIV positif. Sejak adanya program HR di kota Bandung kasus HIV baru (insidens) pada PWID terus menurun. Disisi lain ada permasalahan pada Sistem kesehatan yang ada masih sangat memerlukan perhatian dan penguatan yang lebih baik. Prinsip keterpaduan aspek bio-psiko-sosial dalam penanganan dan pelayanan dapat terwujud diperlukan strategi penjangkauan yang dikembangkkan untuk mengoptimalkan peran tenaga penjangkau, sehingga dapat meningkatkan cakupan penjangkauan dan meminimalisir angka kasus LFU khususnya di kota Bandung.

KLIK aplikasi mobile ini diperuntukan untuk memudahkan keperluan komunitas, aplikasi ini diharapkan dapat menekan angka kasus lost to follow up ARV (hilang dari pantauan) dan komunitas atau populasi kunci bisa mendapatkan layanan pengurangan dampak buruk yang komprehensif. Berkaca pada tingginya kasus lost to follow up dalam pengobatan ARV di kalangan pengguna napza suntik khususnya dan populasi kunci lainnya (data dineks Kota Bandung), Rumah Cemara dengan dukungan Elton John AIDS. Foundation (EJAF) yang bekerjasama dengan KPA Kota Bandung melaksanakan program mobile harm reduction.

Berikut adalah service yang bisa di akses di Aplikasi KLIK :
* Biomedical : Kemudahan mengakses layanan Kesehatan di Kota Bandung bagi komunitas, tinggal pilih layanan kesehatan terdekat;
* Behavioral : konsultasi penyedia layanan petugas penjangkau yang dipilih menganai cara pencegahan atau penyembuhan, temen-temen komunitas dapat memanfaatkan layanan ini melalui aplikasi KLIK;
* Legal Conseling : Konsultasi terkait permasalahan hukum dan bantuan hukum lainya;
* Ask the expert : sebuah wadah untuk tanya jawab dengan expert terkait HIV AIDS, Hukum dan Permasalahan kesehatan lainnya.

Download aplikasinya disini untuk dapat berinteraksi dan berkonsultasi dengan Klik Outreach Worker dan Klik Service Provider seputar HIV/AIDS, NAPZA, perlindungan HAM dan berbagai layanan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *