Kampanye #UequalsU

UequalsU, adalah sebuah kampanye pencegahan HIV secara harafiah diartikan sebagai Undetectable=Untransmittable (#UequalsU). Kampanye ini digaungkan untuk memberikan informasi secara komprehensif tentang pencegahan HIV. Selama hampir dua puluh tahun, terdapat bukti empiris bahwa orang terinfeksi HIV yang menjalani terapi ARV dengan Viral Load yang tidak terdeteksi tidak akan menularkan virus HIV kepada orang lain, baik itu pasangan seks ataupun kepada bayi yang dikandung ibu dengan HIV positif.

Sebuah mitos yang terlanjur berkembang bahwa orang dengn HIV positif akan terus menularkan virus kepada orang lain adalah pesan salah yang ingin dieliminasi dari kampanye ini. Saat ini, perlu modernisasi pesan komunikasi pencegahan HIV bahwa tidak benar bahwa virus HIV akan sangat mudah ditularkan, terutama jika orang yang terinfeksi HIV sesegera mungkin menjalani terapi ARV. Namun yang paling penting dari kampanye ini adalah upaya untuk menghilangkan stigma. Bahwa sebuah kenyataan jika seseorang dengan HIV akan mempunyai kualitas hidup yang sama dengan orang yang tidak terinfeksi, terutama jika telah menjalani terapi ARV.

Saat ini Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bandung menjadi satu-satunya community partner dalam kampanye ini di Indonesia, bersama dengan sekitar 590 organisasi lain dari 70 negara di seluruh dunia. Melalui kampanye ini kami berharap pencegahan HIV di Kota Bandung memasuki tahap berikutnya dimana evidence based dan standar keilmuan menjadi salah satu kerangka berpikir dasar dalam menerapkan program pencegahan HIV dan AIDS. Dengan demikian infeksi HIV baru HIV akan semakin mudah ditekan menuju zero new infection.

2 comments

  1. Equals_id juga sudah bergabung menjadi community partner, berharap bisa bergabung untuk mengedukasi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *