Kerjasama KPA dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat

Pada Hari Selasa, 13 Maret 2018, Staf Paralegal (Atus Satriawan) mendampingi Kepala Sekretariat KPA Kota Bandung (Ibu Sis Silvia Dewi) guna melakukan audiensi dengan pengurus Lembaga Permberdayaan Masyarakat (LPM) Tingkat Kota Bandung di Sekretariatnya Jl. Sukabumi Dalam. Kunjungan ini dilakukan dalam kerangka silaturahmi dan meningkatkan pemahaman isu HIV dan AIDS di Kota Bandung. Diskusi dilakukan terkait perkembangan penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Bandung. Pokok-pokok diskusi diantaranya tentang temuan kasus HIV dan AIDS, hasil pemetaan populasi kunci, dan kebijakan Pemerintah Kota Bandung. Dalam audiensi tersebut Kepala Sekretariat meyakinkan kepada Pengurus LPM, bahwa keberadaan LPM sebagai lembaga non pemerintahan yang sangat dekat dengan masyarakat diharapkan dapat membantu pemerintah untuk terlibat aktif dalam pemberdayaan masyarakat di Penanggulangan HIV-AIDS. Respon pengurus LPM Kota Bandung sangat baik, karena sebelumnya pengurus LPM Kota Bandung telah terpapar dan telah memahami program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS.
Lebih lanjut disampaikan bahwa pada tahun 2018 ini LPM memiliki 16 program prioritas pemberdayaan. Namun yang menjadi hambatan saat ini adalah belum adanya usulan kegiatan terkait dengan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Meskipun demikian, LPM masih dapat mengusulkan kegiatan sosialisasi atau pemberdayaan HIV-AIDS pada perubahan APBD yang akan dilakukan sekitar Bulan September tahun 2018. Oleh karena itu LPM akan merencanakan pertemuan tingkat Kecamatan bersama KPA kota Bandung untuk menyampaikan perkebangan isu HIV-AIDS di Kota Bandung, dan memberikan usulan-usulan untuk program LPM terkait isu HIV-AIDS.
Dalam waktu dekat, LPM Kota Bandung bekerja sama dengan DP3APM akan menyelenggarakan kegiatan Bakti Gotong Royong Masyarakat pada tanggal 26 April 2018. Kegiatan tersebut akan berkolaborasi dengan pemberian informasi HIV-AIDS dan tes HIV.
Raporteur:
Atus Satriawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *