Pertemuan Diseminasi Hasil Diskusi Renstra

Pada tanggal 4-5 September 2018, bertempat di Hotel Novotel, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bandung bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Padjadjaran melaksanakan kegiatan Diseminasi hasil penentuan prioritas dan diskusi strategi penanggulangan HIV-AIDS Kota Bandung. Diharapkan melalui kegiatan ini didapatkan gambaran visi dan strategi terbaik dalam upaya pencegahan dan pengendalian HIV AIDS di Kota Bandung.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang P2P dr Rosye Arosdiani Apip, M.Kom dengan peserta yang terdiri dari Perangkat Daerah, Rumah Sakit, Warga Peduli AIDS, PKK, dan LSM Peduli AIDS.

Kegiatan diawali dengan pemaparan oleh Rozar Prawiranegara mengenai diseminasi hasil  proses prioritisasi kegiatan dengan menggunakan metodeMCDA-AFR atau Multi Criteria Decision Analysis & Accountability for Reasonableness. Hasil MCDA berupa Daftar Kegiatan Prioritas untuk pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS yang memiliki daya ungkit. Daftar ini, yang disebut “Performance Matrix”, telah disusun bersama secara sistematis, berbasis bukti ilmiah, dan melibatkan para pemangku kepentingan. Daftar kegiatan ini merupakan bagian penting dalam dokumen Rencana Strategis (Renstra) Penanggulangan HIV/AIDS.

Pamarapan dilanjutkan oleh Sis Silvia Dewi sebagai Ketua  Tim Penyusunan Rencana Strategis Penanggulangan HIV AIDS 2018-2023. Tim Penyusunan memerlukan berbagai masukkan dan informasi dari para pelaksana kegiatan pencegahan & penanggulangan HIV AIDS.

Proses kegiatan di hari ke II  berlanjut ke Tahapan selanjutnya guna menyusun perencanaan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS adalah menyusun visi dan strategi secara partisipatif. Selain daftar prioritas, penting untuk merujuk pada temuan ilmiah dan analisis situasi terkini. Sepanjang tahun 2017-2018, telah banyak penelitian dan perkembangan terbaru yang berguna dalam meningkatkan efektivitas pengendalian epidemi HIV. 6 Panelis yang ahli dihadirkan untuk memberikan masukan bagi visi misi penanggulangan HIV AIDS tahun 2018- 2022, Penelis tersebut diantaranya : dr Bagus Rahmat Prabowo Sekretaris KPA Kota Bandung , dr Rudi Ketua Tim Penanggulangan AIDS RSHS,  dr Ira Kasubid P2P Dinas Kesehatan Kota Bandung, Iman Tedjanegara Kepala Sekretariat KPAP Jawa Barat, Mawar Nita Pohan dari Program Hebat Unpad dan Sindri Putri dari IAC. Masing-masing Panelis memaparkan Isu yang strategis bagi penanggulangan HIV AIDS. Peserta sangat menikmati sesi diskusi hal ini dilihat dari animo untuk bertanya kepada panelis, sebagai tindak lanjut  pertemuan adalah team penulis Restra diharapkan dapat merumuskan Visi Misi dan melulis draft Renstra 2018 – 2022 sampai dengan selesai dan dikonsultasikan kepada Walikota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *