Seminar Peran Program Pencegahan HIV dari Ibu ke Anak Dalam Meningkatkan Profesionalisme Bidan

Pada Hari Jumat Tanggal 14 September 2018, bertempat di Gedung Serbaguna Balaikota, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung melaksanakan Seminar kesehatan yang bertema Peran Program Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) dalam meningkatkan profesionalisme Bidan. Seminar ini diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari para Bidan dan Mahasiswa kebidanan. Seminar dilaksanakan pukul 13.00 sd 16.30 WIB.

Seminar ini diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Walikota Terpilih Bapak Oded M Danial yang sekaligus selaku Ketua Pelaksana KPA, beliau menghimbau kepada para peserta bidan untuk dapat mendukung program PPIA dengan penuh profesional karena bidan merupakan tenaga kesehatan yang dekat dengan masyarakat khususnya kaum perempuan dan anak.

Peserta Seminar sebagian besar bidan muda, sehingga persembahan opening dance K-Pop dari Fox Crew sangat menghibur. Seminar ini diisi oleh berbagai Narasumber yang ahli dalam bidang HIV AIDS. Narasumber pertama Dr. Rosye Arosdiani Apip, M.Kom dari Dinas Kesehatan yang memaparkan tentang Epidemiologi HIV AIDS di Kota Bandung dilanjutkan dengan narasumber Dr. Bagus Rahmat Prabowo, MScPH yang meningkatkan pemahaman peserta tentang HIV AIDS serta Dr. Doni Aprialdi, SpOG M.Kes yang membahas tentang Teknis Strategi dari PPIA.

Tercatat cukup banyak pertanyaan yang bersumber dari keingintahuan peserta lebih lanjut terhadap program PPIA. Suasana semakin menarik dengan dipandu oleh moderator Millica Jovovic yang menggunakan dua bahasa pengantar yaitu Inggris dan Indonesia. Rangkaian terakhir sebelum penutupan yaitu pembagian doorprize dan games hadiah yang dipandu oleh MC kondang jeng Okkeu yang membuat peserta semakin antusias berharap-harap cemas agar mendapatkan doorprize dan hadiah. Tidak lupa selain doorprize bagi peserta yang bertanya dan menang games mendapatkan hadiah menarik juga. Penutupan dengan foto bersama dilanjutkan pembagian sertifikat seminar dengan mendapatkan 1 SKP dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Harapan dari kami KPA selaku penyelenggara semoga seminar ini dapat bermanfaat dan berkontribusi dalam Penanggulangan HIV AIDS di Kota Bandung. Sampai jumpa pada seminar selanjutnya.

Materi seminar dapat diunduh pada link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *